Kiat Berwirausaha Untuk Mencapai Sukses

menjadi entrepreneur tak semudah yang dibayangkan. ada banyak hal yang harus di pahami sebelum menjalankan usaha agar tak menjadi kekecewaan belaka.

Untuk menanggulangi terjadinya masalah tersebut, maka penguasaan pengetahuan dan ketrampilan bisnis adalah mutlak penting.

            Dalam kesemaptan  ini saya akan uraikan bagaimana kiat berwirausaha untuk mencapai kesuksesan.

A. Mengenali peluang usaha

 

Sebenarnya ada banyak peluang di sekeliling kita, hanya saja ada beberapa individu yang mampu melihat situasi sebagai peluang ada yang tidak. Hal ini disebabkan faktor informasi yang dimilikinya Informasi memungkinkan seseorang mengetahui bahwa peluang ada saat orang lain tidak menghiraukan situasi tersebut. Akses terhadap informasi dipengaruhi oleh pengalaman hidup dan hubungan sosial (Shane, 2003).

a.Pengalaman hidup

Pengalaman hidup memberikan akses yang lebih mengenai informasi dan pengetahun mengenai penemuan peluang. Dua aspek dari pengalaman hidup yang meningkatkan kemungkinan seseorang menemukan peluang yaitu fungsi kerja dan variasi kerja.

b.Hubungan sosial.

 Sebuah langkah penting dimana seseorang mendapatkan informasi dari interaksi dengan orang lain. Beberapa ahli menyarankan ketika seorang takut berwirausaha secara sendirian, maka mengawali usaha secara kelompok adalah alternative. Oleh karenanya, kualitas dan kuantitas dalam interaksi sosial akan lebih memungkinkan individu akan membuat kelompok dalam berwirausaha. Informasi yang penting ketika akan memulai usaha adalah informasi mengenai lokasi, potensi pasar, sumber modal, pekerja, dan cara pengorganisasiannya. Kombinasi antara jaringan yang luas dan kenekaragaman latar belakang akan mempermudah mendapatkan informasi tersebut.

Beberapa sumber peluang usaha antara lain:

 Perubahan teknologi

 Perubahan kebijakan dan politik

  Perubahan sosial demografi

B. Optimalisasi Potensi diri

 

Setelah mengenai peluang usaha maka harus dikombinasikan dengan potensi diri. Keunggulan kompetitif apa yang saya miliki? Yang sering terjadi di masyarakat kita adalah memilih usaha yang sedang trend saat itu. Hal ini sah-sah saja tetapi ketika dalam proses perkembangan tidak membuat inovasi, maka akan sulit bersaing.

Counter HP di pemalang merupakan bisnis yang menjamur dalam 3-4 tahun ini. Jika mereka tidak mempunyai keunggulan kompetitif misalnya layanan purna jual, harga yang bersaing, ataukah layanan secara umum baik, maka sulit akan berkembang. Seseorang datang ke sebuah toko untuk membeli HP, sebagian besar karena informasi yang telah didapatkan sebelumnya apakah dari mulut ke mulut ataukah dari koran.

Hal ini sangat berbeda dengan ahli terapis untuk anak autis. Kenyataan menunjukkan penderita autis meningkat di masyarakat, sementara layanan atau terapis autis belum terlalu banyak. Keahlian khusus yang ‘langka’ akan dicari orang tanpa mempertimbangkan aspek lokasi usaha.

Usaha jasa berbasis pengetahuan (knowledge intensive service) merupakan satu alternatif usaha yang memiliki keunggulan kompetitif. Biasanya mereka mendirikan usaha misalnya konsultan keuangan, konsultan manajemen karena kemampuan pengetahuan yang dimilikinya. Oleh karenanya, model usaha ini yang seharusnya dikembangkan dalam kewiarausahaan di Perguruan Tinggi. Mahasiswa didorong untuk melakukan riset sesuai dengan bidang ilmunya untuk memiliki pengetahuan baru dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

            Selain potensi diri dalam arti pengetahuan yang kita miliki, maka masih perlu mengoptimalkan aspek motivasi dan kepribadian. kharakteristik kewirausahaan dari perspektif Psikologi maka dapat diperoleh gambaran ada beberapa kaharakteristik yang mendorong kesuksesan usaha dan yang tidak

C.  Mulai dari cita-cita buka modal.

 1. Pentingnya cita-cita

Modal pertama yang perlu dimiliki adalah cita-cita. Cita-cita adalah soal sederhana, tetapi sebagian besar  penduduk bumi  ini paling malas memastikan cita-citanya.(Philip  E Humbert dalam suharno 2007: 17)

Pada umumnya pengusaha sukses di masa lalunya telah melakukan hal yang benar yaitu mempunyai cita-cita. Impian masa depannya.

            Cita-cita sangat penting dalam hal apapun. Termasuk dalam bisnis , sebab cita-cita akan mengarahkan kelak menjadi apa  bisnis kita.

Cita-cita ibarat garis lurus yang akan menjadi panduan. Jika kita memiliki cita-cita, akan memudahkan langkah usaha menuju arah finish atau target. Kita akan mengetahui dan merasakan apabila usaha tidak ada kemajuan. Sebaliknya , jika tidak memiliki cita-cita , berarti tidak ada garis finish yang dicapai dan  tidak ada garis lurus yang akan memendu.

 2.Jangan hanya bercita-cita

            jika ingin sukses jadilah orang-orang yang memperjuangkan cita-cita. Tak peduli apakah berhasil mewujudkan cita-cita tersebut atau tidak. Selama terus berada dalam proses menuju cita-cita berarti tetap sukses, walau mungkin menghadapi kesulitan,penderitaan,cobaan,dan bahaya dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

            Penyesalan atas sesuatu yang pernah kita lakukan dapat dan akan terhapus oleh waktu, tetapi penyesalan yang tidak bisa dihapus adalah penyesalan atas sesuatu yang tidak pernah kita lakukan. Jadi, jangan sampai kita hanya menjadikan cita-cita sebagai mimpi tanpa pernah melakukan tindakan nyata untuk meraih cita-cita.

D.   Berani adalah modal

            Jika sudah memiliki cita-cita dan ide yang baik, beranikan diri untuk mencoba.

Berani adalah modal seorang enterpreneur. Mencoba ide atau gagasan secara langsung adalah tantangan yang menyenangkan. Banyak ilmu di dapat di banding sekedar membaca teorinya saja.

Andaikan modal uang adalah alasan terbesar maka ketahuilah banyak pengusaha sukses yang memulai usaha dari nol. Ada yang berjualan batik titipan orang keuntungan nya di jadikan modal usaha seprti Dyah suminar pengusaha asal yogya. Ada pula purdi chandra, pemilik bimbingan belajar primagama, yang memulai usaha hanya dengan 300ribu hasil melego sepeda motornya.

E .  Memilih bentuk lokasi dan usaha

 1. Usaha yang menjadi pilihan pemula.

            Sebenarnya tidak ada hal spesifik yang menjadi pilihan pelaku usaha kecil dan pemula. Apa pun jenis usahanya bisa dilakukan. Hanya saja, untuk usaha skala kecil, beberapa jenis yang relatif mudah dilakukan oleh pemula sebagai berikut.

 a. Usaha di bidang makanan

            Indonesia memiliki penduduk 220 juta dan semuanya membutuhkan makanan. Betapa besar potensi di bidang ini. Ragam makanan sangat banyak, baik makanan khas daerah maupun makanan internasional, dari yang harganya Rp 1000 hingga jutaan rupiah.

 b. Usaha pakaian dan perhiasan

            Semua orang membutuhkan pakaian dan perhiasan dengan berbagai bentuk. Mulai  baju, celana, sepatu,sandal,topi,serta berbagai aksesoris dan perhiasan seperti jam tangan ,kalung ,gelang ,dll. Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik,variasi pakaian makin banyak. Hal ini merupakan ladang yang baik untuk berwirausaha.

 c. Usaha yang terkait dengan tampat tinggal

            Sama seperti makanan dan pakaian,tempat tinggal di butuhkan untuk semua orang di alam modern sekarang ini. Menjalankan usaha yang terkait dengan tempat tinggal peluangnya sama banyaknya dengan usaha makanan dan pakaian.

 d. Usaha pendidikan

            Pangan, sandang,dan papan adalah kebutuhan hidup uatama manusia. Jika sudah terpenuhi maka pendidikan adalah kebutuhan manusia. Negeri kita menganut sistem pendidikan yang di biayaioleh masyarakat sendiri. Oleh karena itu, peluang usaha pendidikan terus berkembang. Pendidikan yang dimaksud bisa pendidikan formal(sekolah) maupun pendidikan non formal(kursus). Saat ini pendidikan masyarakat dapat dilakukan melalui berbagai media,seperti seminar,buku,kaset,DVD,televisi ,dan radio.

            Kebutuhan pendidikan terus berkembang, bukan hanya untuk masyarakat umum. Perusahaan-perusahaan yang mau maju pasti sangat peduli untuk mendidik karyawannya agar lebih terampil dan memiliki motivasi bekerja yang baik sehingga  membutuhkan tenaga trainer dari luar. Dengan demikian,lembaga pendidikan in hose training bisa berkembang.

 e. Usaha yang terkait dengan rekreasi

            Kebutuhan masyarakat modern salah satunya adalah rekreasi.  Sebagian penduduk pemalang,  menikmati akhir pekan dan beristirahat dengan berekreasi  ke pantai atau tempat lainnya. Ada juga yang istirahatnya cukup  di rumah. Mereka semua membutuhkan sesuatu yang bila di penuhi dapat menjadikan peluang bisnis yang prospektif. Misalnya jasa sewa kendaraanuntuk rekreasi,penyediaan perlengkapan rekreasi. Bagi yang di rumah, dapat menyediakan suasana rekreasi yang baik seperti permainan/ game dan lain-lain. Adanya perusahaan software game komputer, play station,dan sejenisnya adalah contoh usaha rekreasi.

 f. Usaha pendukung

           Usaha yang bisa mendukung atau mempermudah orang lain menjalankan usahanya, misalnya menjual mesin dan alat-alat petani,menjual bahan baku industri dan lain-lain.

Melihat enam kategori usaha tersebut , dapat dilihat bahwa peluang usaha benar-benar melimpah di depan mata. Prinsipnya barang siapa bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia maka bisa mendirikan usaha.

 2. Memilih lokasi usaha

           Dalam teori marketing mix(bauran pemasaran) ada 4 hal utama pemasaran, yakni product,price,place,dan promotion,disingkat 4P.seorang wirausaha harus memiliki  kemampuan meramu 4 hal tersebut  agr bisa sukses.jika sudah menetapkan produk yang akan di jual maka harusnbisa menentukan 3 hal lainnya, yakni harga,lokasi,dan promosi. Produk bermutu tanpa di sertai promosi dan harga yang pas akan  menyulitkan perkembangan usaha.

           Place berarti lokasi dan distribusi yang membuat konsumen mudah membelinya. Semakin sulit lokasi di jangkau oleh konsumen maka di butuhkan promosi yang banyak.

           Dalam usaha retail(eceran),lokasi memegang peranan penting karena tampat usaha akan didatangi oleh konsumen. Berbeda dengan usaha yang penjualannya di lakukan dengan mandatangi konsumen sacara langsung maka lokasi tidak telalu berpengaruh pada usaha.

 F. Memasarkan produk dengan praktis

           Dalam menjalankan pemasaran, cara praktis adalah mencari pesaing yang banyak. Persaingan akan membuat kita banyak belajar dengan usaha sejenis. Selain itu, akan membuat usaha lebih efisien. Persaingan adalah olahraga bisnis.

Langkah praktis memasarkan produk:

1. Tetapkan calon pembeli

           Mengenali calon pembeli adalah langkah awal kesuksesan pemasaran produk.

2.Buatlah calon pembeli benar-benar mau membeli

           Untuk mendapatkan uang carapaling mudah adalah memberi . memberilah sesuatu ke orang lain maka akan mendapatkan sesuatu.

           Berilah gratisan produk yang akan di jual pada orang-orang sekitar.katakan saja ini bulan promosi. Bulan pertama dapat memberi gratis,bulan kedua sampai kelima diskon 50%, selanjutnya diatur diskon25% sampai tanpa diskon. Dengan memberi sesuatu pada calon pembeli , kita akan mendapatkan pembeli.

3.Buatlah pembeli sering membeli

           Setelah berhasil menarget pembeli, jadilah pembeli menjadi pelangan. Banyak hal yang dapat di lakukan untuk membuat pembeli menjadi pelanggan seperti berikut.

Paket keanggotaan dengan diskon khusus. Cara ini akan membuat pembeli yang sudah tertarik merasa lebih di perhatikan.

a.Minta masukan dan saran tentang pelayanan ke pembeliyang sudah beberapa kaili datang.

b.Buat promosi bonus, misalnya beli 10 gratis

c.Membuat garansi

Pelayanan berbentuk garansi sangat lazim pada usaha-usaha berbasis teknologi. Jasa reparasi juga akan memuaskan konsumen  namun, sebenarnya hampir semua jenis usaha bisa memberikan garansi. Jika ingin menerapkan garansi ,buatlah model garansi yang jelas dan mudah di pahami konsumen.

 3.Buatlah pelanggan lebih banyak membeli

           Apabila pelanggan sudah semakin sering membeli, buatlah strategi supaya setiap mereka membeli , nilai transaksinya lebih besar. Jika ini bisa di lakukan,niscaya kemajuan usaha akan jauh lebih cepat di banding pesaing. Beberapa contoh yang dapat dilakukan untuk membuat pelnggan lebih banyak membeli

a)      Variasi produk

Variasi produk akan membuat seorang pelanggan bisa menambah barang yang di beli.

b)      Kemudahan membayar

            Semakin mudah membayar,pelanggan berpotensi untuk membeli lebih banyak. Keberadaan ATM dan kartu kredit adalah upaya untuk membuat pelanggan bisa membeli lebih banyak. Demikan pula penjualan dengan cara dicicil, akan membut pelanggan bisa menambah jumlah barang yang di beli.

c)      Tawarkan barang yang mahal dulu

            Ini starategi yang cerdas. Jika ingin membeli barang elektronik maka umumnya pelayan akan menunjukkan barang elektronik yang lebih mahal dulu. Ini untuk mengggiring pembeli supaya uang yang ada di kantong bisa keluar semua. Contoh jika memiliki warung soto, buatalah vriasi soto, misalnya soto istimewa dan soto biasa. Setiap pembeli yang datang, tawarkan soto istimewa , niscaya banyak pembeli yang semua berminat membeli soto biasa, akan beralih ke soto istimewa yang harganya lebih mahal.

 4. Pahami ramuan pemasaran(marketing mix)

Pemasaran bukan hanya menjual semata. Ujung dari pemasaran adalah transaksi penjualan. Ini yang harus di pahami. Kegiatan pemasaran tidak hanya menawarkan produk ke calon pembeli, pamasaran juga menetapkan jenis-jenis produk yang tepat untuk sasaran konsumen,menetapkan harga,menetapkan sistem distribusinya,dan juga kiat promosinya.dalam dunia pemasaran, kegiatan tersebut disebut ramuan pemasaran(marketing mix).

>Product

Mencakup keragaman produk, mutu,desain,karakteristik,merek dagang,kemasan,ukuran,pelayanan,dan jaminan.

>Price

Mencakup harga, diskon,kemudahan  sistem pembayaran, dan fasilitas kedit. Harga merupakan faktor penting suksesnya produk di jual di pasar.

>Place

Mencakup lokasi usaha,distribusi produk, persediaan barang. Jika sudah memiliki produk yang baik sesuai dengan permintaan pasar dan banyak orang tertarik,tetapi orang kesulitan mencarinya maka bisnisakan gagal.

>Promotion

Dalam bisnis modern, promosi merupakan senjata ampuh untuk membujuk konsumen supaya membeli. Ada lima cara promosi yang umum di lakukan pebisnis,yaitu

a)Direct selling (penjualan langsung)

Pada hakekatnya mencual secara langsung ke konsumen adalah mengenalkan produk pada mereka yang berarti mempromosiakan produk yang di jual.

b)Sales promotion(promosi penjualan)

Promosi penjualan sangat tepat dilakukan ketika memulai usaha atau pada momen-momen penting,seperti tahun baru , lebaran dll.

c)Public relation(kegiatan hubungan masyarakat/humas)

 Bagi perusahaan skala besar, public relation merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan karena citra perusahaan sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Cara Public relation akan meningkatkan citra usaha sekaligus mampu meningkatkan penjualan.

d)Publication(publikasi)

Publikasi harus sesuai target utama konsumen. Hal –hal yang dapat dipublikasikan adalah apbila usaha mendapat prestasi luar biasa ,misal mendapat juara dalam lomba tertentu atau mendapat penghargaan sebagai pengusaha terbaik di wilayah.

e). Advertising(iklan)

Usaha apapun iklan sangat di perlukan. Iklan bisa dalam bentuk brosur,spanduk,iklan media cetak,radio,dll.

 f.    Menetapkan harga

                       Menetapkan harga yang paling sederhana adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal :

  1. Melihat harga pesaing .  Tetapkan, apakah menginginkan harga lebih murah atau lebih mahal di bandingkan pesaing.
  2. Melihat biaya produksi. Jelas bahwa menjalankan usaha harus mendapatkan untung sehingga harga jual harus menguntungkan.

g.      Bagaimana jika gagal?

            Apapun yang diusahakan, tidak ada yang menjamin dapat sukses. Sementara itu jika tidak berani memulai sesungguhnya itulah yang benar-benar gagal. Ketiaka talah memulai usaha, apapun hasilnya ,itu telah melangkah menuju sukses. Begitulah filosofi yang harus di pegang.

Menurut bambang suharno, orang sukses adalah orang yang gagal berkali-kali, orang gagal adalah orang yang gagal sekali langsung berhenti. Dan orang-orang yang benar-benar gagal adalah mereka yang tak pernah mencoba sama sekali

            Pelaku usaha sukses selalu belajar dari kesalahan dan kegagalan. Sekali dia gagal, ia akan mencoba lagi dan tak mengulangi kesalahannya. Bagi orang-orang sukses, dibalik kegagalan selalu ada ilmu untuk sukses. Di balik kegagalan ada keuntungan lain yang tidak berupa uang,bisa berupa ilmu,teman,atau lainnya.

            Dari hasil pengamatan banyak di antara pengusaha-pengusaha kecil yang gagal lalu tak mencobanya lagi. Hal ini merupakan kesalahan yang besar karena kita justru membutuhkan kesalahan untuk mencapai kualitas yang lebih tinggi.

adapted by: Suharno,Bambang.2007.Langkah Jitu Memulai Bisnis dari Nol. Jakarta: Penebar Swadaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s